Amazon.com Siap Masuk Pasar E-Commerce Indonesia



Setelah beberapa waktu bulan situs Alibaba.com masuk pasar E-comerce Indonesia,sekarang terdengar kabar.bahwa salah satu perusahaan terbesar di dunia Amazon.com juga akan berencana melebarkan bisnisnya ke ranah tanah air Indonesia.tidak bisa dipungkiri,target pasar di indonesia memang cukup menggiurkan.Dengan hadirnya Amazon di tanah air indonesia,tentu akan terjadi perubahan besar di industri Jual-Beli online

Tidak tanggung-tanggung seperti dikutip dari situs berita kontan,rencana nilai investasi Amazon di tahun pertamanya nanti adalah 600 juta Dolar Amerika!yang jika dirupiahkan menjadi sekitar 8 triliyun Rupiah!Akan tetapi,kapan tepatnya Amazon akan mulai beraktivitas di indonesia masih belum diketahui.Hal ini seperti yang disampaikan Ketua Umum IDEA ( Indonesia E-Commerce Association ) Daniel Tumiwa Kamis,16 Juni 2016 yang lalu.Untuk di ketahui,IDEA adalah wadah untuk pelaku E-Commerce Indonesia.

Dengan datangnya Amazon ke Indonesia,Daniel Tumiwa memperkirkan bahwa E-commerce lokal akan ngos-ngosan untuk melawan.Alasannya,tak ada satupun pemain lokal indonesia yang mempunyai teknologi dan modal seperti yang dimiliki Amazon.

"Mereka ( Amazon ) sudah sangat besar.Mereka memiliki semuanya."Kata Daniel

Daniel juga mengatakan,Amazon pada umumnya akan menggunakan tahun pertamanya sebagai uji coba.jika untung atau ada prospek menguntungkan,baru Amazon akan memberikan keputusan untuk "Stay"atau "Out"
dari pasar indonesia.Hal ini bisa terlihat ketika Amazon melebarkan bisnisnya ke india.Dalam 1 Tahun,Amazon dengan mudahnya meraih posisi teratas tangga e-commerce yang sebelumnya di duduki oleh FlipKart.Dan konon,FlipKart saat Amazon berada di tangga no 1 india,mengalami penurunan 50%.Dan ini hanya terjadi dalam 1 Tahun sejak Amazon hadir.Luar biasa sekaligus mengerikan,Bukan?

Yang Menarik Hadirnya Amazon di indonesia juga akan Heal-To-Heald dengan Alibaba yang lebih dulu mencuri start dengan menjadi pemegang mayoritas saham salah satu e-commerce di indonesia.Kemudian,masih ada mataharimall dengan dukungan dari lippo group.tentu akan semakin memanas persaingan di ranah e-commerce ini.

perlu di garis bawah,calon pembeli di indonesia masih belum familiar dengan proses "Full Online"dengan fitur "Add To Cart",payment online dan lain sebagainya.rata-rata atau kebanyakan menyukai belanja online (semi online) dengan cara berbincang entah melalui wa,bbm atau aplikasi chat lainnya.Padahal yang namanya online shop semua sistem harus otomatis,jika pembeli masih mengupload bukti pembayaran.ini namanya semi offline.bukan full online shop

kita tunggu saja seperti apa gebrakan Amazon di indonesia.apakh akan di ikuti dengan program Affiliatenya juga?kita lihat saja nanti


Sumber : teknologi.info

Belum ada Komentar untuk "Amazon.com Siap Masuk Pasar E-Commerce Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel